Cerita Inspiratif Ahmad Fahrur Rozi, Alumni Madrasah Aliyah Swasta Di Tuban Mampu Lulus Jadi Dokter

Kab. Tuban (Pendma Kemenag Tuban) – Acara pelantikan dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya yang berlangsung beberapa hari lalu menjadi momen membahagiakan bagi dr. Ahmad Fahrur Rozi asal Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rozi begitu biasa disapa adalah alumni Madrasah Aliyah (MA) Al Mustofawiyah Palang Tuban, lulusan dokter FK UNAIR yang lulus S1 Pendidikan Dokter melalui jalur beasiswa Bidikmisi/beasiswa KIP.

Didepan Kepala sekolah dan para siswa, Rozi mengaku lega lantaran bisa menyelesaikan pendidikan dokter setelah melalui berbagai rintangan.

Rozi juga sempat tak yakin bakal menempuh pendidikan di fakultas kedokteran lantaran orang tuanya bukan tergolong orang mampu secara ekonomi.

“Boro-boro jadi dokter, bisa kuliah saja saya belum berani mimpi pada saat itu,” terang Rozi, Rabu 29 Nopember 2023.

Sejak MA, Rozi hanya berfikir bagaimana caranya bisa segera lulus kuliah dan secepatnya mendapatkan pekerjaan. Namun keinginannya seketika berubah ketika mendengar ada program Bidikmisi Fakultas Kedokteran dari Unair Surabaya.

“Awalnya deg-degan, karena biaya kuliah di sini tidak sedikit. Tapi ternyata benar, selama kami kuliah pihak universitas dan kemahasiswaan sangat mendukung,” ujar Rozi.

Sejak awal, anak dari buruh serabutan ini berkomitmen ingin hidup mandiri tanpa membebani kedua orang tua.

Kata Rozi, lulus dengan gelar dokter (dr) tak lantas membuatnya puas begitu saja.

“Kunci kesuksesan bagi saya adalah ridlo orang tua. Harus berusaha semaksimal mungkin dan mendekatkan diri pada Tuhan,” tandas Alumni Ponpes Tahfidzul Qur’an Palang Tuban ini.

Rozi menyebut, jangan lelah mengejar mimpi karena mimpi itu gratis sebab setiap perjuangan akan membentuk ka ra karakter dan kekuatan tak ternilai.

“Ingatlah, setiap keterbatasan adalah peluang untuk tumbuh dan berkembang,” tukas Rozi.

Menurut Rozi, impian bukanlah sesuatu yang jauh dari jangkauan ditengah keterbatasan melainkan awal dari perjuangan dan keberhasilan sesungguhnya.

Sementara itu, Kepala MA Al Mustofawiyah Palang, Asma Hanik mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah mengabulkan cita-cita anak didiknya, dr. Ahmad Fahrur Rozi.

“Selamat dan sukses Rozi, meski dari kondisi tidak mampu namun mampu mengukir prestasi,” ucap Kepala Madrasah Asma Hanik.

Asma Hanik juga berpesan kepada seluruh peserta didik bahwa cita-cita butuh proses yang tidak mudah tapi tekun, berusaha dan berdoa.

Terpisah, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Umi Kulsum juga mengucapkan selamat atas dilantiknya ananda Ahmad Fahrur Rozi menjadi dokter baru.

Umi Kulsum berharap semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi kepada khususnya teman-temanya yang lain di MA Al Mustofawiyah Palang dan umumnya semua siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Tuban.

“Sudah saatnya kita bangga menjadi murid madrasah karena madrasah hebat bermartabat, mandiri dan berprestasi,” pungkas mantan Ketua Fatayat NU Tuban itu. (Dar)

Tinggalkan komentar